Ditulis pada 6 February 2018 , oleh biokonversiteknik

Hasil Audit Internal

Tahun 2015-2016

Laboratorium Teknik Bioproses telah di audit oleh GJM melalui mekanisme AIM UKPA Siklus 15 dan AIM UKPA Lab Siklus 5 Tahun 2016 yang dilakukan pada tanggal 07 Desember 2016. Tim auditor yang bertugas meng-audit adalah Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D. dan Ir. M. Janu Ismoyo, M.T. Lingkup audit internal meliputi tindak lanjut atas hasil AIM UKPA Siklus 14 dan implementasi ISO 9001:2008.

Pada AIM UKPA Siklus 15 dan AIM UKPA Lab Siklus 5, laboratorium bioproses terdapat 1 temuan. Adapun temuan dan akar penyebab terjadinya temuan yang dimaksud diuraikan pada Tabel 1.

Tabel 1. Temuan berdasar hasil temuan AIM

No Bidang Audit Uraian Ketidaksesuaian dan Saran Akar Penyebab Terjadinya Temuan
1 (IS-L-562) Tinjauan Manajemen [562] (STI)

 

Tahun 2016-2017

Laboratorium Teknik Bioproses telah di audit oleh GJM melalui mekanisme AIM UKPA Siklus 16 pada tahun 2017. Tim auditor yang bertugas meng-audit adalah Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D. dan Dr. Ir. Ussy Andawayanti, MS. Lingkup audit internal meliputi tindak lanjut atas hasil AIM UKPA Siklus 16 dan implementasi ISO 9001:2008.

Pada AIM UKPA Siklus 16 Tahun 2017, laboratorium bioproses terdapat 7 temuan. Adapun temuan dan akar penyebab terjadinya temuan yang dimaksud diuraikan pada Tabel 1.

Tabel 1. Temuan berdasar hasil temuan AIM

No Bidang Audit Uraian Ketidaksesuaian dan Saran Akar Penyebab Terjadinya Temuan
1 Konversi Dokumen SPMI Belum ada SOP yang disesuaikan dengan format baru dan tidak tersedia di website SOP yang ada hanya di tingkat jurusan dan SOP format baru masih dalam tahap legalitas di tingkat Jurusan, sehingga menunggu legalitas dari jurusan.
2 Tinjauan Manajemen Tabel 1 tentang uraian hasil audit tidak disajikan dengan lengkap, sehingga tidak dibahas dan tidak terlihat upaya perbaikan Belum adanya penjelasan pada tabel 1 karena data aim siklus 15 hanya didapat lewat website http://siaim.ub.ac.id/
3 Tinjauan Manajemen Tabel 2. Uraian keluhan dan rencana tindak lanjut, seharusnya dibahas mengapa masih ada yang belum closed Kurangnya penjelasan alasan belum closed di tabel 2
4 Tinjauan Manajemen Capaian Sasaran mutu hendaknya mengacu pada kontrak kinerja Ka Lab kepada Dekan FT/ Kajur Kimia Belum adanya kontrak kinerja Ka Lab kepada Dekan FT/ Kajur Kimia
5 Tinjauan Manajemen Dalam bagian capaian program kerja tentang kalibrasi peralatan, sebaiknya dijelaskan juga target kapan dan bagaimana upaya untuk mencapai sasaran 100% Belum semua alat terkalibrasi, karena adanya prioritas dan terbatasnya dana utk kalibrasi semua alat
6 Tinjauan Manajemen

Dalam bagian capaian program kerja terutama tentang pengadaan alat yang

belum 100%, sebaiknya diuraikan upayayang sudah dilakukan dan kendalanya.

Terbatasnya biaya pengadaan alat laboratorium
7 Tinjauan Manajemen

Dalam bagian saran perbaikan SMM,

sebaiknya dituliskan agar Lab merencanakan untuk mengajukan akreditasi ISO 17025

Belum masuk dalam renstra laboratorium

Temuan hasil audit internal melalui AIM UKPA Siklus 16 Tahun 2017 secara garis besar berupa konversi SOP sesuai SPMI dan dokumen Tinjauan Manajemen tahun 2016/2017. Tabel 1 secara jelas menerangkan juga akar penyebab terjadinya temuan, sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan untuk menyelesaikan temuan tersebut.